Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatan

Rosanna Bell - Grunge Love HeartsJatuh cinta memang merupakan suatu hal yang menyenangkan. Tapi tahukah Anda bahwa jatuh cinta ternyata tidak hanya sebatas memberikan kesenangan kepada kita, namun juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Mengutip dari Third Age, ternyata ada 7 manfaat kesehatan yang diperoleh akibat jatuh cinta. Yuk simak! :)

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Peneliti menyatakan bahwa pasangan yang ‘membumbui’ keseharian mereka dengan pernyataan-pernyataan penuh kasih, memiliki indikator tertinggi dari sistem kekebalan tubuh yang baik. Maka dari itu jatuh cinta akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang kekebalan tubuh Anda.

Menjaga Kebugaran Tubuh
Datang ke tempat nge-gym sendirian? Pasti akan cepat bosan. Penelitian menyatakan hampir setengah dari orang-orang yang berolahraga tanpa orang yang dicintai, berhenti dalam waktu satu tahun. Namun studi menunjukkan bahwa apabila seseorang berolahraga bersama dengan pasangannya, maka mereka akan lebih tertarik untuk berolahraga secara rutin. Maka dari itu dengan jatuh cinta, tubuh Anda akan menjadi lebih bugar.

Menjaga Kesehatan Jantung
Hubungan yang bahagia, penuh cinta dan selalu bersama akan meningkatkan kesehatan jantung para pasangan. Sebab ketika bersama, rasa kesepian dan stres tidak akan mendekati Anda.

Membuat Kulit Berkilau
Ketika kehidupan cinta Anda sedang bersemi, tingkat stres Anda akan menjadi rendah. Hasilnya? Anda akan terbebas dari kortisol bebas. Kadar kortisol yang tinggi menyebabkan erupsi kulit akibat stress, belum lagi keriput di alis.

Memperpanjang Usia
Resiko stres, penyakit, dan masalah kesehatan lain bisa dilawan dengan jatuh cinta. Penelitian CDC menyatakan bahwa tingkat kematian pada pasangan menikah lebih rendah daripada yang tidak. Hal tersebut dikarenakan ketika suatu pasangan berkomitmen, maka mereka memiliki tingkat stress yang lebih rendah. Sedikit stress = lebih sehat.

Mengurangi Rasa Sakit
Dengan memegang tangan pasangan, ternyata rasa sakit pada tubuh bisa berkurang. Itulah kekuatan dari jatuh cinta. Belum percaya? Penelitian menyatakan dengan memegang tangan pasangan dapat menghasilkan ‘kejutan listrik’ yang dapat mengurangi, bahkan menghilangkan rasa sakit.

Menjaga Kesehatan Mental
Terakhir, studi dari Rutgers University menyatakan bahwa dengan memandang foto pasangan yang dicintai, seseorang akan meningkatkan kadar hormon dopamin dalam otak. Hormon tersebut dikaitkan dengan rasa optimis, energi semangat, dan rasa bahagia.

Itulah berbagai manfaat jatuh cinta terhadap kesehatan. Happy Valentine’s Day!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s